Tantangan Memiliki Cloud Server: Rentan Dari Serangan Cyber

Siapa sangka ada berbagai tantangan yang dihadapi dalam mengamankan cloud server. Di era seperti sekarang ini peran sistem penyimpanan cloud memang tinggi. Apalagi saat mengelola website untuk jangkauan yang lebih luas. Tentu banyak data penting harus disimpan dengan keamanan tinggi https://cbtp.co.id/vps-cloud/ .

Singkat kata sistem mengacu pada gabungan teknologi dan elemen komputer dalam sebuah jaringan. Fungsinya menjalankan aplikasi maupun program lewat komputer yang terkoneksi di waktu bersamaan. Sayangnya hingga kini keamanan masih menjadi permasalahan dalam sistem tersebut. Kira-kira apa tantangan yang dihadapi dalam mengamankan cloud saat ini?

Rentan dari Serangan Cyber

Salah satu permasalahan hingga kini masih menjadi perbincangan bagi pengguna cloud yaitu serangan cyber. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa serangan cyber tetap akan menjadi tantangan bagi teknologi sistem cloud di masa mendatang. Hal ini menyusul adanya berbagai kasus melibatkan kejahatan cyber.

Teknologi cloud pada umumnya dimanfaatkan untuk kebutuhan penyimpanan data. Biasanya sistem tersebut mengandalkan server berjumlah lebih dari satu macam. Fungsinya sendiri untuk menyeimbangkan load. Bahkan dalam penerapannya digunakan untuk memaksimalkan uptime. Jika hosting pada umumnya menggunakan single server. Cloud justru sebaliknya berbeda.

Situs yang menggunakan teknologi cloud diakses menggunakan cluster. Tidak hanya itu cluster tersebut memanfaatkan adanya rescource pool yang biasanya terpusat. Sayangnya serangan cyber tetap menjadi tantangan yang dihadapi dalam mengamankan cloud tersebut. Jika tidak dipahami dan dicermati tentu akan menjadi masalah besar.

Permasalahan tersebut seperti bola panas lantaran bisa datang kapan saja. Bahkan kebanyakan orang menggunakan sistem cloud namun tetap memiliki potensi terkena serangan cyber. Untuk melindungi data dari adanya serangan cyber diperlukan perlindungan secara menyeluruh. Seperti adanya dukungan sistem otentikasi aktif.

Selain itu perlindungan enkripsi multifaktor diperlukan guna menunjang keamanan sistem penyimpanan cloud. Enkripsi multifaktor juga berperan dalam melindungi adanya pelanggaran data. Biasanya hal tersebut melibatkan beberapa kata kunci penggunaan tunggal. Kata kunci lainnya yang berpengaruh seperti kartu pintar dan otentikasi basis telepon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *